Setiap orang yang baru mau memulai bisnis di internet, biasanya bertanya bagaimana dan dari mana seseorang harus memulainya? Jawaban setiap orang memang bisa bervariasi, tapi saya akan menjawabnya seperti ini:
Bagian Pertama: Apakah pada saat ini, Anda sudah memiliki bisnis offline? baik yang menjual produk sendiri, menjualkan produk orang lain maupun menawarkan jasa? punya toko, usaha kecil-kecilan, UKM, dan seterusnya. Bila jawabannya iya, saya cenderung untuk menyarankan agar ia langsung memikirkan bagaimana ia bisa menggunakan internet sebagai media untuk meleverage (membuat daya ungkit) bisnis yang sudah ada sekarang ini.
Bila bisnis Anda adalah jualan produk, maka  Anda bisa membuat website untuk menampilkan produk Anda, memberikan kontak person Anda berupa email dan telp/hp Anda di website dan bisa mulai berjualan.
Dan bila bisnis Anda sekarang adalah bisnis jasa, Anda bisa mencari klien online di internet dengan website Anda. Untuk bisnis Jasa, Anda bisa menampilkan portofolio yang pernah Anda kerjakan, daftar klien offline yang pernah menggunakan jasa Anda dan Anda tampilkan juga di website dan gunakan internet untuk mencari klien baru.
Bisa dibilang, internet memiliki sebuah market tersendiri berbeda dengan offline. Dengan memulai bisnis Anda di internet, berarti Anda memperbesar market Anda. Anda akan memiliki sebuah bisnis yang bergerak secara offline dan online untuk menjual produk atau menawarkan jasa Anda. Diharapkan sales akan meningkat atau double =P.
Pada bagian pertama ini, keahlian yang Anda perlukan adalah:
– Keahlian membuat websitenya. Hal ini bisa Anda kerjakan sendiri dengan belajar bagaimana membuat website untuk bisnis Anda atau bisa juga dengan membayar programmer untuk membuat website Anda.
– Keahlian berikutnya yang bisa Anda pelajari adalah keahlian internet marketing, yaitu bagaimana cara Anda memasarkan produk Anda online. Bila website Anda sudah jadi, tentunya sales tidak bisa datang dengan sendirinya. Anda perlu mempromosikan website Anda. Jadi ada 2 hal yang perlu Anda pelajari.
Bagian Kedua: Pada bagian kedua ini diperuntukkan bagi yang tidak punya produk apa-apa yang akan dijual dan tidak juga punya jasa untuk ditawarkan. Maka saran saya yaitu mulai dengan belajar affiliate marketing yaitu belajar memasarkan produk orang lain dengan mengikuti sebuah program affiliate. Penghasilan Anda nantinya didapatkan bila Anda berhasil menjual produk affiliasi yang Anda ikuti.
Yang Anda perlukan adalah memilih sebuah program affiliasi yang menjual produk tertentu. Bisa program affiliasi lokal maupun dari luar negeri. Bisa pay per lead (dibayar berdasarkan prospek yang didapat) dan bisa juga pay per sales (dibayar hanya bila prospek tersebut membeli).
Sesudah Anda memilih sebuah program affiliasi  yang cocok bagi Anda selanjutnya adalah belajar memasarkannya. Berikan target kepada diri Anda, contohnya target saya minimal menghasilkan 5 sales, baru bila sudah Anda capai maka Anda akan lanjut ke tahap belajar yang berikutnya.
Pada bagian kedua ini, keahlian yang Anda perlukan adalah:
– Keahlian untuk memasarkan produk (internet marketing). Anda bisa mulai pikirkan bagaimana cara Anda mempromosikannya. Tips dari saya, Anda perlu mengetahui dengan jelas siapakah orang-orang yang akan tertarik membeli produk affiliasi tersebut, orang seperti apa, dan yang terpenting dimanakan mereka berada di internet.
Bila produk affiliasi yang Anda pilih tentang belajar saham contohnya, maka Anda bisa mulai mencari dimanakan orang-orang yang tertarik untuk belajar saham tersebut berkumpul. Bisa di forum tentang saham, bisa di mailing list dan sebagainya. Dan yang Anda lakukan adalah memperkenalkan produk affiliasi tersebut ke mereka. Dan nantinya, bila Anda mempromosikan ke market yang tepat, biasanya tinggal statistik saja berbicara, contohnya dari 100 orang yang mengklik link affiliasi Anda, ada 1 yang beli dan seterusnya.
Berikanlah target untuk dicapai, dan bila sudah tercapai, mulailah dengan belajar ke tahap selanjutnya dengan mempromosikan program affiliasi tersebut dengan menggunakan website yang khusus mempromosikan produk affiliasi tersebut (belajar membangun list dan juga SEO) atau Anda mau mulai menjual produk Anda sendiri juga bisa, karena Anda sekarang sudah memiliki 1 cara yang berhasil menghasilkan sales untuk Anda.

Edit this entry.

Memilih Media Pembayaran untuk Bisnis Internet

Posted: December 1, 2010 by mohamadfarhan in Uncategorized

Memilih Media Pembayaran untuk Bisnis Internet
Dalam melakukan transaksi bisnis di internet, ada beberapa media pembayaran yang perlu Anda gunakan bila Anda memang menjual produk online atau menjual jasa online. Saya akan bagi dalam pemilihan media pembayaran untuk bisnis internet Anda menjadi dua yaitu untuk market Indonesia dan untuk market ke luar negeri. Media pembayaran yang bisa digunakan untuk kedua market ini berbeda karena berhubungan dengan transaksi keuangan yang bisa dilakukan dan kebiasaan orang dalam melakukan pembayarannya.

ð Memilih Media Pembayaran untuk Bisnis Internet yang menyasar market di Indonesia
Media pembayaran yang utama yang harus Anda gunakan adalah transfer bank. Anda bisa bertransaksi menjual produk dan jasa Anda dengan menggunakan media pembayaran transfer bank (ATM), internet banking, mobile banking maupun pembeli setor tunai ke rekening bank Anda. Dan saran saya ada 2 rekening bank yang perlu dipersiapkan yaitu rekening bank BCA dan satu lagi rekening bank Mandiri.
Rekening Bank BCA
Bank BCA merupakan bank besar di Indonesia yang memiliki jaringan ATM paling banyak dan paling banyak digunakan oleh orang-orang. Jadi bila Anda menjual produk atau jasa Anda di Internet, maka Anda perlu memiliki rekening bank BCA sebagai alat penerima pembayaran transaksi Anda.
Rekening Bank Mandiri
Yang berikutnya adalah Bank Mandiri. Bank Mandiri merupakan bank BUMN yang memiliki aset yang besar dan sekarang selalu tumbuh untuk bersaing dengan bank BCA dalam hal banyaknya kantor cabang juga ATM. Anda perlu memiliki rekening bank Mandiri dikarenakan Bank Mandiri ini tergabung dalam jaringan ATM Bersama.
Dalam pembayaran dari calon pembeli, ada saja beberapa yang mungkin tersebar di daerah atau kota-kota di Indonesia, yang mungkin tidak memiliki rekening bank BCA, tapi memiliki rekening di bank lain seperti Bank BNI, Bank Permata dan lain-lainnya. Dan untuk pembeli yang tidak memiliki rekening bank BCA ini, ia bisa melakukan transfer pembayaran ke rekening bank Mandiri karena termasuk jaringan ATM bersama, sedangkan BCA tidak termasuk jaringan ATM bersama ini.
Dengan memiliki kedua rekening ini BCA dan Mandiri, maka transaksi pembayaran Anda bisa berjalan. Dan sebaiknya Anda memiliki 2 rekening ini karena jangan sampai kesulitan dalam pembayaran untuk membeli produk Anda menjadi penghambat dan akhirnya membuat transaksi tidak jadi, mungkin dikarenakan sulit transfer karena tidak ketemu atau jauh letak ATM BCA atau pembeli tidak punya rekening bank BCA, tapi ia punya rekening bank lain dan ia tidak bisa transfer dari ATM Bank lain tersebut ke rekening bank BCA dan jadi batal karena tidak bisa transfer dan keinginan membelinya sudah hilang.
Alternatif tambahan lain adalah PayPal
Paypal merupakan media pembayaran online dari luar negeri. Dan untuk market di Indonesia, Anda bisa menambahkan paypal sebagai media untuk menerima pembayaran online tambahan. Dikarenakan bila orang sudah punya account paypal dan ada dananya di Paypal ia bisa menggunakan paypal untuk membayar ke account Paypal Anda.
Intinya dari memilih media pembayaran adalah memudahkan pembeli untuk membayar Anda, bisa dengan transfer bank, internet banking, mobile banking, setor tunai ke rekening bank Anda atau menggunakan account paypal bila mau transfer sesama account paypal.
ð Memilih Media Pembayaran untuk Bisnis Internet yang menyasar market ke Luar Negeri
Dan bagi bisnis internet yang menyasar untuk menjual produk atau jasa online ke luar negeri, ada beberapa media pembayaran yang bisa Anda gunakan agar pembeli dari luar negeri bisa membeli produk dan membayar Anda.

Paypal
Media pertama adalah Anda menggunakan PayPal. Paypal dimiliki oleh ebay, situs lelang nomor satu di dunia. Setiap orang yang bertransaksi di ebay diarahkan untuk menggunakan paypal oleh ebay. Dan paypal pun sudah menjadi alat transaksi online yang banyak digunakan.
Prinsipnya paypal adalah Anda membuka account Paypal dengan memasukkan data kartu kredit Anda agar account Paypal Anda menjadi terverifikasi dan bisa mencairkan uangnya ke rekening bank di Indonesia.  Setiap transaksi yang terjadi adalah transaksi antar account PayPal seperti transfer saja. Dan paypal ini menggunakan alamat email yang didaftarkan sebagai nama account paypal Anda. Jadi setiap transaksi orang cukup mengetahui nama account paypal Anda yaitu alamat email dan ia bisa mengirimkan uang ke account paypal Anda.
Contoh Anda penjual produk A, menggunakan paypal sebagai media pembayaran di website Anda. Jadi setiap orang yang mau beli, ia bisa klik tombol order paypal di website Anda dan ia bisa transfer dari account paypal miliknya ke account paypal Anda. Dan bila sesudah uang Anda terima, maka produk bisa dikirimkan.
Setiap uang yang diterima akan masuk ke account PayPal Anda. Dan bila Anda mau carikan, bisa ke rekening bank yang Anda daftarkan untuk account PayPal Anda dalam 5 hari kerja. Jadi media pembayaran online dengan paypal ini sangat simpel dan praktis.

Merchant Pemproses Kartu Kredit
Media pembayaran kedua adalah dengan kartu kredit. Bila Anda menjual produk online ke luar negeri, dan ingin agar website Anda bisa memproses transaksi kartu kredit maka Anda perlu menggunakan merchant pihak ketiga yang khusus memproses transaksi dari kartu kredit ini.
Merchant yang bisa Anda gunakan adalah
– Untuk menjual produk fisik dengan 2CO
– Untuk menjual produk digital dengan clickbank
Jadi Anda bisa menggunakan merchant tersebut untuk sebagai media untuk penerima pembayaran transaksi dari kartu kredit. Kartu kredit adalah alat pembayaran yang paling bisa digunakan dimana saja. Bila Anda punya kartu kredit dari indonesia maka Anda bisa mengunakannya untuk membeli produk dari luar negeri. Dan merchant yang bisa memproses transaksi kartu kredit ini bukan sembarang website, tapi website yang khusus untuk itu. Salah satunya adalah 2CO untuk produk fisik dan clickbank untuk produk digital.
Produk fisik adalah produk yang memiliki bentuk fisik dan perlu dikirimkan ke alamat pembeli. Sedangkan produk digital adalah produk dalam bentuk file komputer yang proses pengirimannya melalui media internet langsung yaitu dengan download online. Contoh produk digital adalah ebook, video, audio, image, photo, software,wallpaper dan seterusnya.

Edit this entry.

Membeli Nama Domain Untuk Bisnis Internet Anda

Posted: December 1, 2010 by mohamadfarhan in Uncategorized

  • Membeli Nama Domain Untuk Bisnis Internet Anda

Domain merupakan alamat website kita di internet. Setiap orang yang akan mengakses ke website kita, mereka perlu mengetikkan nama domain Kita. Karena itu, domain merupakan suatu hal yang penting, terutama memilih nama domain yang tepat untuk usaha atau bisnis Anda di Internet.
Pendaftaran nama domain di internet sangat mudah, Anda bisa membeli domain melalui website atau perusahaan yang menyediakan jasa registrasi domain, contohnya di domain murah. Anda tinggal masukkan  nama domain pada kotak lalu klik search untuk mengecek domain tersebut masih tersedia atau tidak. Bila masih tersedia dan nama domainnya cocok, Anda tinggal mendaftarkannya.
Dalam sebuah domain memuat nama domain dan extension domain tersebut (akhiran domain) seperti .com, .net, .org, .biz, .info, dan seterusnya. Jadi bila Anda akan membeli domain contoh bisnisinternet.com dan sudah diregistrasi oleh orang lain, Anda bisa pilih yang .net (bisnisinternet.net) dan seterusnya. Memang dalam memilih nama sebuah domain diusahakan untuk mendapatkan nama domain dengan akhiran .com , alasannya salah satunya adalah domain .com lebih dikenal semua orang dan merupakan top level domain.
Dalam Membeli domain ini, Kita bisa membeli baru, membeli dari orang atau membeli domain yang sudah lewat masa expirednya.

  • Pada umumnya orang membeli domain baru dengan cara mengeceknya di website atau perusahaan yang menyediakan jasa registrasi domain. Dan bisa langsung mendaftarkannya
  • Pilihan kedua ini, bila domain yang ingin digunakan sudah didaftarkan oleh orang lain, Anda bisa mengeceknya apakah pemilik websitenya menggunakan domainnya atau tidak dan Anda bisa bertanya apakah ia mau menjualnya atau tidak.
  • Dan yang terakhir membeli domain yang sudah lewat masa expirednya. Perpanjangan sebuah nama domain dilakukan pertahun, jadi agar domain bisa digunakan, perlu diperpanjang setiap tahun. Ada yang memperpanjangnya setahun sekali dan bisa juga langsung bertahun-tahun langsung seperti 5 tahun atau 10 tahun, dst. Dan bila domain tidak diperpanjang, maka domain akan memasuki masa expired. Bila sesudah memasuki masa expired, maka kurang lebih 3 bulan atau 100 hari sejak masa expired maka domain akan terbuka bebas dan bisa didaftarkan kembali oleh pemilik yang baru. Tapi bila nama domainnya bagus, Anda bisa menggunakan fasilitas backorder dari website yang menyediakan jasa registrasi domain seperti godaddy.com. Dengan adanya backorder, maka domain bisa dibeli sebelum domain dibuka bebas kembali ke umum. Bulan kemaren saya mengincar nama domain yang sudah dalam masa expired tapi tidak menggunakan backorder, tapi terlepas karena orang lain terlebih dahulu mendaftarkannya (tidak tahu ada orang yang mengincar nama domain itu juga).

Tahun demi tahun kedepan, nama domain akan semakin penting karena semakin banyak orang go online, maka adanya keterbatasan untuk mendapatkan nama domain yang diinginkan terutama domain akhiran .com , karena itu bila saat ini Anda memang sudah ada usaha yang berhubungan, tidak ada salahnya membeli nama domainnya dulu.
Untuk SEO, nama domain pun memegang peranan penting. Biasanya website yang memiliki nama domain dan didalamnya memuat keyword, maka website tersebut cenderung akan tampil di halaman pertama google untuk keyword dalam domain tersebut tanpa harus banyak sudah payah melakukan SEO.
Saya akan memberikan contoh domain JualBeliRumah.com dengan perkiraan pencarian perbulan orang yang mengetikkan kata pencarian jual beli rumah di mesin pencari google sekitar 2900 pencarian tipe exact (sama percis).
Kesimpulannya adalah:
Memilih nama domain sangat penting untuk pemasaran di internet. Pilih nama domain yang mengandung keyword di dalamnya, akan memudahkan website tersebut terindex di kata pencarian yang sesuai dengan nama domainnya. Dan dengan berjalannya waktu dan perkembangan bisnis di internet, semakin banyak yang go online dan nama domain yang bagus akan semakin jarang dan sulit didapat. Tidak ada salahnya bila sudah ada planning bisnis di internet, segera membeli domain untuk website Anda nantinya.

Edit this entry.

Bisnis Online

Posted: December 1, 2010 by mohamadfarhan in Uncategorized

BISNIS ONLINE
Pada jaman sekarang ini dengan adanya media internet maka menjalankan bisnis menjadi semakin mengglobal. Bila Kita biasanya memasarkan produk atau jasa Kita secara offline yang biasa Kita lakukan di tempat usaha Kita berupa toko maupun melalui jaringan pemasaran bisnis Kita, sekarang Kita  bisa menjual produk atau jasa Kita  di internet menggunakan website yang langsung boooom…, pasar Kita menjadi lebih luas, pasarKita bisa menjangkau seluruh pasar indonesia langsung maupun yang lebih besar lagi ke pasar seluruh dunia. Tinggal Kita putuskan, Kita ingin fokus untuk menjangkau pasar yang mana.
Perbedaan bila Kita berjualan offline dengan berjualan online yaitu bila Kita berjualan offline saja, maka calon pembeli Kita dapatkan dari orang-orang yang datang ke toko Kita , tetapi dengan berjualan online maka Kita bisa menjangkau orang-orang yang memiliki akses internet dimanapun mereka berada yang membuka website Kita. Kita membuka pasar baru seketika. Karena itu bagaimana bila Kita sekarang mulai berjualan ke pasar seluruh dunia???
Semakin besar pasar tentunya semakin baik dan perbedaan antara memasarkan produk Kita ke pasar indonesia saja atau ke pasar seluruh dunia hanya dibedakan oleh bagaimana mengirimkan produk nantinya. Barang yang dikirim sama, hanya biaya kirim saja yang berbeda, untuk keluar negeri Kita bisa mengenakan biaya kirim yang lebih mahal kepada pembeli.
Sebagai awal untuk memulainya, tentunya Kita harus memiliki produk atau jasa yang bisa dijual di internet, lalu membuat website baik berupa toko online atau dengan website penjualan yang sederhana. Dan di website, Kita bisa menampilkan produk-produk maupun jasa yang Kita tawarkan dengan data yang sedetail mungkin termasuk foto produk dan spesifikasi.
Foto atau gambar dari sebuah produk sangat penting untuk berjualan online agar calon pembeli bisa melihat seperti apa produk yang akan ia dapatkan nantinya, dan dengan data produk yang detail, maka calon pembeli bisa memutuskan langsung di website mau membeli atau tidak pada saat itu juga.
Karena media internet tersebut tanpa batasan wilayah, maka website yang menampilkan produk bisa dilihat dan penawaran bisa dibaca oleh orang-orang di luar indonesia dan bila penawarannya menarik dan produk yang Kita jual adalah produk yang dicari dan dibutuhkan oleh mereka, maka mereka bisa membeli produk Kita dan melakukan order di website yang Kita miliki.Tetapi permasalahan yang timbul kemudian adalah bagaimana Kita bisa menerima pembayaran untuk produk yang akan Kita jual bila ada pembeli dari luar negeri dan memesan produk Anda di website? Solusinya saat ini adalah PayPal.
PayPal adalah alat untuk bertransaksi online yang bisa menerima pembayaran dari kartu kredit dan juga transfer dari sesama account PayPal, dan kabar baiknya PayPal sudah menjangkau Indonesia. Orang Indonesia sudah bisa menggunakan PayPal secara full feature. Kita bisa menerima pembayaran melalui kartu kredit dari customer Kita untuk setiap penjualan produk di website Kita dan bisa menerima maupun melakukan pembayaran ke sesama account PayPal, Kita bisa menerima pembayaran dari penjualan produk Kita di ebay.com, maupun Kita bisa meminta pengiriman uang dari rekan bisnis. Secara singkatnya, PayPal merupakan account online Kita untuk bertransaksi dan menerima uang online. Dan uang yang terkumpul nantinya di account PayPal bisa di cairkan ke rekening bank Kilta di seluruh indonesia dalam jangka waktu 5-7 hari kerja. Jadi Kita mendapatkan dollar dari penjualan produk atau jasa Kita dan akan dikonversi menjadi rupiah, sehingga untuk menerima uang di rekening bank Kita sudah dalam bentuk rupiah.
Dalam membuka account di PayPal.com, PayPal memberikan 3 tipe account yang bisa Kita pilih sesuai dengan kebutuhan Kita yaitu personal account, premier account, dan business account. Personal account digunakan bagi Kita pribadi yang bermaksud untuk menggunakan PayPal untuk keperluan berbelanja online saja tanpa bermaksud menjual produk secara online, sedangkan untuk Premier dan Business account digunakan bagi Kita yang ingin menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran di website Kita dalam menjual produk dan jasa Kita di website. Premier dan Business account berfungsi hampir sama, tetapi dengan penambahan fungsi multi-user access yaitu account PayPal dapat diakses lebih dari satu user bila memilih business account. Business Account diperuntukkan untuk perusahaan, jadi Kita membuka account PayPal atas nama perusahaan sedangkan premier menggunakan nama pribadi. Untuk memulai, cukup dengan membuka premier account dan bisa Kita upgrade nantinya.
Jadi secara singkat yang perlu Kita lakukan untuk menjual produk atau jasa Kita dengan pasar seluruh dunia yaitu:

  1. Memiliki produk atau jasa untuk dijual online.
  2. Membuat website berupa toko online atau website penjualan sederhana untuk menampilkan produk atau jasa secara detail dan memberikan penawaran kepada setiap pengunjung website yang Kita miliki.
  3. Menggunakan tombol buy now PayPal di website, agar calon pembeli bisa mengklik tombol order dan melakukan pembayaran.
  4. Dan setelah Kita menerima pembayaran yang bisa Kita lihat di account PayPal, lalu baru kirimkan produk melalui pos untuk produk fisik dan bila Kita berjualan produk digital seperti software, ebook dan lain-lainnya, bila memungkinkan kirimkan langsung melalui internet agar pembeli bisa mendownloadnya di website sehingga Kita tidak mengeluarkan biaya kirim lagi.

Ditambah lagi dengan adanya PayPal, maka selain Kita bisa menjual produk di website Kita,  juga bisa berjualan (memasang) produk Kita di ebay.com yang merupakan situs lelang terbesar di dunia, dimana ebay.com menggunakan paypal sebagai alat utama bertransaksi.